Sabtu, 08 September 2012

Distro Linux Yang Bisa Berjalan di Mini PC MK802

MK802 adalah komputer kecil yang mirip USB flash disk, didalamnya terdapat sistem operasi Google Android 4.0 dan di jual sekitar $80 atau kurang. Perangkat ini di design untuk dihubungkan ke TV agar bisa menjelajah web, nonton video dan bermain games di layar besar. Selama beberapa minggu ini, terdapat sejumlah distro linux yang diporting ke perangkat MK802 ini. Di perangkat ini sangat mudah untuk memuat sistem operasi ke microSD dan booting dari situ. Bisa juga untuk kembali ke Android lagi dengan mengeluarkan microSD tersebut.



Pengembangan software untuk MK802 ini masih dalam tahap awal. Belum ada linux yang mendukung graphic Mali 400. Tapi terdapat sejumlah distro Linux yang bisa berjalan pada perangkat MK802 ini dan memberikan resolusi 720 dan 1080p, mendukung web browser Firefox dan Chromium, Office suite dan software linux populer lainnya.
Secara mendasar, anda dapat menggunakan MK802 dengan cara menghubungkan ke TV, mouse dan keyboard sehingga perangkat ini dapat berfungsi penuh sebagai komputer dengan konsumsi daya rendah, mungkin tidak terlalu cepat tapi bisa memenuhi kebutuhan. MK802 ini ditenagai oleh prosesor Allwinner A10 ARM Cortex-A8, media penyimpanan 4 GB dan RAM yang tersedia 512 MB atau 1GB.
Anggota forum Rikomagic UK dan Miniand telah berusaha keras untuk memporting berbagai distro linux ke MK802. Tersedia berbagai disk images linux untuk dijalankan di  microSD card. 
Berikut daftar distro linux yang tersedia untuk MK802
  • Miniand Lubuntu 12.04 –ini merupakan versi ringan Ubuntu 12.04 dengan desktop LXDE, didalamnya terdapat juga DroidMote server, yang berarti anda dapat menginstall DroidMote Client pada smartphone atau tablet android anda dan menggunakannya sebagai remote control untuk Ubuntu.
  • Miniand Ubuntu 12.04 dan Xubuntu 12.04 – Anda juga bisa menemukan distro linux Ubuntu 12.04 dengan desktop Unity dan desktop Xfce. Kedua build ini belum ada DroidMote, tapi anda bisa mendownload dan menginstallnya secara manual.
  • Toby Corkindale’s Linary 12.06 armhf build – Versi buntu yang menggunakan teknologi untuk mempercepat prosesor Allwinner A10. Petunjuk instalasinya agak sedikit rumit.
  • Rikomagic Lubuntu 12.04 – Build ini mencakup sejumlah tweak yaitu perbaikan untuk performan WiFi, web browser Chromium yang jalan dan kemampuan untuk mengakses media penyimpanan internal MK802.
  • Puppy Linux – Distro ini merupakan distro yang didesign untuk berjalan di komputer jadul.
  • Fedora 17 – Salah satu distro populer, tersedia juga untuk perangkat MK802.
Anda bisa meload sistem operasi tersebut ke microSD dengan mengikuti petunjuk instructions for preparing an Ubuntu 10.04 installation. Hanya dengan menggunakan disk image yang disiapkan untuk Mini PC MK802. Jika anda mencoba versi yang tidak tepat untuk perangkat anda, akan dihasilkan graphic yang kacau sehingga sistem oprasi tidak dipakai. Untuk mengatasi masalah ini dapat menggunakan suzuke’s uboot switcher utility sebelum menyiapkan microSD.
Jika anda ingin berpindah dari 720 dan 1080p ada metode yang mudah di sini.  Dengan menggunakan resolusi 1080p akan banyak konten yang muat dilayar dan bekerja lebih baik dengan monitor dan televisi.

Update: Terdapat juga kustom rom Android untukMK802, yaitu CyanogenMod 9 dan Uberoid.


◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. informativeonmigraine - All Rights Reserved inovLy media online by inforZa