Sabtu, 12 Mei 2012

Cara Install Linux Pada BIOS Yang menerapkan Sistem UEFI Dimana Grub Gagal Untuk Di Install

Halo semuanya, Saya menulis tutorial ini karena banyak orang yang menghadapi masalah dalam menginstall Linux pada komputer yang mempunyai Bios dengan kemampuan EFI. Keluhan-keluhan yang dilontarkannya adalah GRUB tidak terinstall dengan tepat sehingga komputer bisa dipakai dengan tampilnya pada layar “no operating system found” atau pada dual booting hanya Windows yang tampil.
Saya yakin ini hanya situasi sementara, distro linux khusunya mint pasti suatu saat akan menemukan caranya untuk menginstall linux pada bios EFI dan Hardisk yang berformat GPT.

Kenapa GRUB tidak terinstall dengan baik di EFI, karena komputer tersebut punya bios EFI sehingga secara default hanya MS Windows saja yang bisa, bios EFI memerlukan hardisk yang diformat dengan GPT, sedangkan GRUB tidak bisa terinstall di partisi table GPT, ini membutuhkan suatu usaha dan skill yang lumayan.

Sekarang pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya supaya GRUB bisa diinstallkan?, jawabannya adalah dengan merubah format table partisi GPT menjadi partisi table MBR, setelah itu baru install linuxnya, resikonya dengan cara ini data yang di hardisk akan terhapus, termasuk Windowsnya. Untuk melakukan ini kita pake software GPARTED tersedia dalam Live CD Ubuntu atau mint, tunggu sampai hardisknya dikenali, lalu klik kanan pada partisinya dan pilih untuk membuat partisi tabel yang sudah ada. Pilih MSDOS dari daftar, klik OK kemudian apply/commit all changes. 
Setelah itu anda bisa membuat partisi untuk linuxnya dan menginstall Linux juga.

Apakah harus merubah settingan bios?, jika anda punya bios dengan kemampuan UEFI dan Legacy, rubah menjadi Legacy boot only atau Both enable with Legacy Boot first.

Apakah bisa dual boot Windows 7 dan Linux pada bios UEFI?, jawabannya bisa. Tapi hati-hati jika anda menginstall Windows 7 dari DVD media itu akan merubah format hardisk menjadi GPT lagi sehingga dual boot jadi susah, untuk menghindari hal tersebut instalasinya Windows 7nya pake live usb, karena dengan live USB tidak akan merubah menjadi partisi tabel GPT.

Artikel ini merupakan terjemahan bebas dari http://community.linuxmint.com/tutorial/view/858
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. informativeonmigraine - All Rights Reserved inovLy media online by inforZa